Perpustakaan Ibnul Qoyyim Putra

Perpustakaan Ibnul Qoyyim Putra
Logo Perpustakaan

Perpustakaan

Surganya para pecinta buku, tempat menambah wawasan, membuka jendela dunia, tempat berbagi pengalaman, dan tempat having fun.

Dengan blog ini, kami mencoba berbagi pengetahuan dan pengalaman-pengalaman menarik yang kami alami di perpustakaan.

So, read it and find it out!! :D

Jumat, 14 Oktober 2011

Macam-macam air menurut hadist

Para pengunjung sekalian, air sangat diperlukan bagi kelangsungan kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini. Tanpa air, makhluk hidup tidak dapat melangsungkan kehidupannya. Nah, tidak hanya dalam hal kelangsungan hidup saja air itu diperlukan, tetapi dalam hal ibadah air juga diperlukan sebagai salah satu mediator penyuci tubuh dari hadas kecil/besar dan najis. Apabila hendak sembahyang tetapi tubuh belum disucikan, maka sembahyang kita belum tentu sah.
Pada pembahasan ini kita akan memberitahukan hadis-hadis tentang macam-macam air.
"Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang (air) laut. 'Laut itu airnya suci dan mensucikan, bangkainya pun halal' " (dikeluarkan oleh imam Empat dan Ibnu Syaibah. lafadz hadis menurut riwayat Ibnu Syaibah dan dianggap sahih oleh Ibnu Khuzaimah dan Tirmidzi. Malik, Syafi'i dan Ahmad juga meriwayatkannya)

"Dari Abu Said Al-Khudry r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda :'Sesungguhnya (hakekat) air adalah suci dan mensucikan, tak ada sesuatu pun yang bisa menajiskannya.'" (dikeluarkan oleh Imam Tiga dan dinilai shahih oleh Ahmad)

"Dari Abu Umamah Al-Bahiliy r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda:' Sesungguhnya tidak ada sesuatu pun yang dapat menajiskan air kecuali oleh sesuatu yang dapat merubah bau,rasa, atau warnanya."( dikeluarkan oleh Ibnu Majah dan dianggap lemah oleh Ibnu Hatim)

"Dari Abdullah Ibnu Umar r.a. berkata : 'Bahwa Rasulullah SAW bersabda:" jika banyaknya air sudah mencapai dua kullah, maka ia tidak mengandung kotoran." Dalam lafadz lain disebutkan:"Tidak bernajis" (Dikeluarkan oleh Imam Empat dan dinilai shahih oleh Ibnu Khuzaimah, Hakim, dan Ibnu Hibbah)

dan masih ada hadis-hadis lain yang membahas tentang macam-macam air. Anda bisa menemukannya di Kitab-kitab yang tersedia di Perpustakaan Ibnul Qoyyim Putra. Kunjungan Anda kami nantikan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar