Perpustakaan Ibnul Qoyyim Putra

Perpustakaan Ibnul Qoyyim Putra
Logo Perpustakaan

Perpustakaan

Surganya para pecinta buku, tempat menambah wawasan, membuka jendela dunia, tempat berbagi pengalaman, dan tempat having fun.

Dengan blog ini, kami mencoba berbagi pengetahuan dan pengalaman-pengalaman menarik yang kami alami di perpustakaan.

So, read it and find it out!! :D

Kamis, 15 Maret 2012

Motion

      Yupz, kali ini saya pengen nulis tentang motion. Dalam dunia perdebatan, motion sudah tidak asing lagi, tapi bagi pemula kadang mereka bingung apa sih motion itu? Nah kali ini ayo kita coba cari tahu apa sih motion itu? Dan apa aja ya yang harus dilakukan dengan motion tersebut? Oke teman-teman, semoga tulisan ini bermanfaat :)
       Motion is a proposal made to a court or a meeting and intended to be considered and decided upon. Jadi motion itu adalah sebuah ide atau gagasan untuk suatu permasalahan yang akan ditentukan dan dipertimbangkan kebijaksanaannya, apakah ide tersebut akan dilaksanakan atau lebih baik diganti dengan ide yang lain yang lebih logis.
       Dalam sebuah debat, motion adalah peraturan yang akan diterapkan (THW) atau sudah diterapkan (THBT) dan rekan-rekan debater akan beradu argumen apakah setuju dengan motion tersebut atau tidak. 
       Nah teman-teman, apa saja sih yang harus kita perbuat dengan motion-motion ini? Ada beberapa hal yang harus kita lakukan dengan motion ini, yang pertama adalah membuat back-ground permasalahannya trus mendefinisikan motion tersebut, lalu membuat argumen yang berkaitan dengan motion tersebut. Oke fren kita bahas satu-satu;


  1. Background of the problem
  2. Yang pertama kali kita lakukan adalah mencari dulu sumber masalah yang menyebabkan motion ini muncul dan layak untuk diperdebatkan. Yang perlu kita ketahui adalah kita harus melihat pada status quo, jadi permasalahan apa aja sih yang terjadi saat ini? trus kita perlu juga menggunakan logical thinking kita dalam merumuskan sebuah masalah, secara tanpa pemikiran yang logis debat hanya akan berlangsung tanpa greget. 
    for example : THW Ban Smoking at Public Place
    Background : Smoking is one of people's habit or it can be their lifestyle. We can find people smoke everywhere and everytime, may be in the bus, in the park, at the office, market and other. Smoke/cigarette contain of addictive and poison such as nicotine, tar, and also nuclear materials. Moreover, smoking has bad effect to the smokers, such as cancer, impotent, disturb pregnancy and other. Based on the fact, Passive smoker get the more effect than the active one. When smokers smoke at the public place where all of people can go there, they will pollute the people beside, and also disturb their right to get fresh air, not smoke. Based on that problem, government will make the policy about this problem, so that's why this motion is up.
    Nah itu tadi contoh background sebuah permasalahan, untuk melatih membuat background temen-temen bisa membiasakan diri baca berita-berita yang sedang update :D
      
      2. Definition of the Motion
           Oke temen-temen, sesudah membuat background dari motion tersebut langkah selanjutnya adalah mendefinisikan motion itu agar dapat dipahami oleh lawan dan adjudicator. nah dalam mendifinisikan motion kita juga perlu mengetahui aturan-aturannya, kita tidak boleh sembarang mendefinisikan motion karena itu akan berakibat fatal bagi tim kita. Ada trik untuk menbuat definisi motion:
a. Kita cari dulu keyword dari motion tersebut, setelah menemukan keywordnya kita definisikan keyword itu. Lalu kita satukan dengan keyword yang lain yang kita temukan dalam motion agar menjadi definisi yang utuh.
tapi perlu diingat temen-temen ada 4 kriteria Unfair Definition yang akan berakibat fatal bagi tim kita
  • Truistic definition, yaitu definisi dari motion yang memutus perdebatan, atau mengharamkan perdebatan tentang motion. Mudahnya yaitu mendefinisikan motion dengan dalil agama, padahal dalil agama itu undebatable. 
    • Example   : THBT prostitution is not justifiable.
    • Definition : Prostitution is an act of selling one's body of sexual pleasure, which is a sin according to Islam. So because it is a sin, it's not justifiable.
  • Squirreling definition, adalah definisi yang tidak mempunyai makna yang berhubungan dengan motion yang sedang diperdebatkan
    • Example   : THBT WHO is necessarry
    • Definition : Women House Opportunity is necessary
      but actually the meaning of WHO at the motion is World Health Organization
  • Tautological definition,  adalah definisi yang hanya sebuah logika dari motion tersebut,atau hanya mengambil dan menerjemahkan dari kamus
    • Example    : THBT UU ITE is necessary
    • Definition  : UU ITE is a necessary regulation
        if we substitute the phrase 'UU ITE' in the motion with its proposed definition, the motion would become "THBT a necessary regulation is necessary"
  • Unfair time and/or place setting, adalah definisi yang membawa debate ke setingan waktu/ tempat yang tidak ada isu/permasalahan disana.Definisi yang berdasarkan konflik atau kontrofersi sudah terselesaikan juga termasuk Unfair definition.
    • Example   : THBT USA has failed
    • Definition : USA has failed to achieve victory in vietnam.
      not only Vietnam war happened decades ago, but USA had actually lost the war. Moreover, there is no significance in talking about such things now, because there is no new issue regarding the Vietnam War.
 Nah temen-temen dah tahukan macam-macam unfair definition, usahakan jangan sampai kita melakukan salah-satu dari beberapa poin diatas. Tetapi apabila kita diposisi negative dan kita tahu bahwa musuh kita membuat unfair definition, maka kita bisa membuat "Definition Challenge" untuk memperbarui definisi musuh yang salah.

 Kita coba untuk mendefinisikan motion yuk....
ada motion ; THW ban smoking

Definition   ;  "All tobacco use, production, trade, export, farms, in form of plants or cigarettes, must close down. People caught smoking, or doing any other aforementioned acts, will be penalized by law"


Mungkin kalian akan bertanya motionnya hanya me-ban perokok/merokok. Tapi logikanya, apabila merokok itu ilegal, lalu mengapa orang-orang memproduksi rokok? Maka dari itu semua yang bersangkutan dengan motion akan termasuk dalam mekanisme peraturan (yang di ban)
    
       Cara membuat Definition Challenge adalah dengan menganalisa definisi lawan kita terlebih dahulu setelah itu kita nyatakan kalau definisi mereka salah dan ungkapkan low tim kita punya definisi yang lebih fair.

       3. PARAMETER 
        Nah kalau yang satu ini adalah medan tempur kita. Jika di-ibaratkan dalam peperangan parameter adalah "Battlefield". Kita beradu argumen dan rebuttle tidak boleh keluar dari parameter ini. Kalau kita membahas yang lain berarti kita "out of parameter". Nah bagaimana kita menentukan parameter ini juga harus mempertimbangkan agar pihak negative juga bisa memperdebatkan masalah ini.
       Jadi intinya parameter adalah batasan untuk perdebatan yang akan dilaksanakan. Batasan ini harus logis dan spesifik.

         temen-temen bisa berlatih mendefinisikan motion dengan cara mencari motion trus didefinisikan sendiri dan kalau bisa backgroundnya juga sekalian,nah temen-temen bisa mencoba untuk berlatih menjelaskan background of the problem dan definisi dari motion-motion di bawah ini :

  1. This House would break unjust laws in democracies 
  2. This House supports missile defence 
  3. This House would maintain United States military bases in Asia 
  4. This House believes that gay couples should be allowed to adopt children 
  5. This House believes that private schools should be subsidised by the state 
  6. This House believes that low taxes are preferable to extensive government services 
  7. This House believes that smoking should be banned 
  8. This House believes that voluntary euthanasia should be legalised 
  9. This House believes that there is too much money in sport 
  10. This House believes that the United Nations has failed 
Atau temen-temen bisa mencarinya di link-link ini;

yah mungkin cukup sampai disini dulu temen-temenku semua, inget untuk tetep semangat dan PRACTICE MAKE PERFECT!!! :D
     
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar