Perpustakaan Ibnul Qoyyim Putra

Perpustakaan Ibnul Qoyyim Putra
Logo Perpustakaan

Perpustakaan

Surganya para pecinta buku, tempat menambah wawasan, membuka jendela dunia, tempat berbagi pengalaman, dan tempat having fun.

Dengan blog ini, kami mencoba berbagi pengetahuan dan pengalaman-pengalaman menarik yang kami alami di perpustakaan.

So, read it and find it out!! :D

Sabtu, 17 Maret 2012

PERPUSTAKAAN SEKOLAH Fungsi dan Manfaat


 Perpustakaan adalah sumber ilmu pengetahuan, informasi, pusat rekreasi dan ibadah sebagai kebutuhan manusia (wikipedia arti perpustakaan). Perpustakaan juga sebagai jendela dunia, sumber wawasan bagi manusia. terdapat berbagai macam judul buku dari pengarang-pengarang terkenal di dunia. Perpustakaan juga bisa dijadikan sebagai acuan sebuah lembaga untuk meningkatkan mutu anggota lembaga tersebut. Dalam Undang-undang No 43/2007 disebutkan bahwa ;

1. Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka (pasal 1)

2. Perpustakaan diselenggarakan berdasarkan asas pembelajaran sepanjang hayat, demokrasi, keadilan, keprofesionalan, keterbukaan, keterukunan, dan kemitraan (pasal 2)



     Di Indonesia perpustakaan telah diatur dalam RANCANGAN PERATURAN PEMERINTAH TENTANG STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN yang menyangkut segala aspek mengenai   perpustakaan, mulai dari pengelolaan, sampai dengan sistem perpustakaan standar.


Fungsi Perpustakaan


      Fungsi perpustakaan adalah penyedia sumber informasi bersifat kontekstual. Dengan berbagai judul dan sumber informasi yang terdapat di dalam perpustakan menjadikan perpustakaan sebagai sebuah lembaga yang sangat dibutuhkan keberadaannya bagi manusia khususnya peserta didik supaya mereka dapat menjelajahi dunia dengan informasi yang terdapat di perpustakaan.

Fungsi perpustakaan sekolah sangat penting untuk kelangsungan sistem pendidikan sekolah tersebut karena perpustakaan membantu guru-guru untuk menyediakan sumber informasi lain yang berkaitan dengan pelajaran yang diampu masing-masing guru. Perpustakaan juga menyediakan tempat untuk melangsungkan kegiatan belajar-mengajar dengan suasana yang kondusif dan nyaman.

Fungsi lain perpustakaan sebagai tempat rekreasi adalah tempat untuk menemukan berita-berita di belahan dunia yang lain, juga mengendurkan ketegangan di kepala dengan membaca novel, buku cerita, atau tabloid olahraga yang disediakan oleh perpustakaan tersebut.

Manfaat Perpustakaan

      Secara umum dengan membaca buku-buku atau koleksi lain di perpustakaan akan membuat kita memahami apa yang terjadi di tempat lain yang belum pernah kita jelajahi sebelumnya. Kita juga akan mendapat pengetahuan baru tentang proses, sistematika, mekanisme, pemanfaatan, dan pengetahuan lainnya tentang benda-benda yang belum pernah kita ketahui sebelumnya. Sehingga, perpustakaan sangat membantu kita untuk mengetahui apa yang belum kita ketahui.



Kesimpulan
      Dengan mengetahui akan pentingnya perpustakaan sebagai penunjang kegiatan belajar-mengajar juga sebagai sumber wawasan, perpustakaan seharusnya menjadi tempat favorit untuk dikunjungi. Sistem pengelolaan perpustakaan seharusnya diperbaiki agar memberi kenyamanan bagi siapapun yang berkunjung ke perpustakaan. Para pustakawan juga harus mempunyai sifat profesionalisme dan tanggung jawab guna membenahi perpustakaan menjadi sumber ilmu pengetahuan yang lebih baik kedepannya  :D .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar